Bagaimana Cara Membangun Brand Kemasan Produk Yang Menarik

Ketika mendengar kata branding, maka sebagian orang akan merasa bingung. Pasalnya meskipun sering mendengar kata brand atau pun branding, banyak orang yang masih salah kaprah dalam memahaminya. Okay, pertama kita bahas dulu apa pengertian dari brand tersebut.

Secara bahasa brand berarti merk, sedangkan branding adalah segala kegiatan yang di lakukan perusahaan untuk mengenalkan suatu merk kepada publik agar di kenal luas. Nah, berbicara masalah branding, tentunya kamu paham bahwa brand ini sendiri terdiri dari beberapa komponen. Salah satunya adalah tampilan visual dari suatu produk, termasuk kemasan.

Tentu kamu setuju jika ada pendapat yang menyatakan bahwa suatu produk yang memiiliki kemasan yang baik pasti di sukai banyak orang sehingga minat beli pun meningkat. Yap, inilah yang disebut – sebut sebagai kekuatan brand sebuah produk melalui kemasannya.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika berhasil membangun kekuatan brand melalui kemasan produk yang menarik. Pertama produkmu  mudah dikenali oleh konsumen. Percaya atau tidak, jika kemasan yang kamu tampilkan memiliki visual yang baik maka konsumen akan berpikir jika produkmu memiliki kualitas yang bagus di bandingkan dengan produk yang lain. Dengan cara ini, konsumen akan mulai menaruh kepercayaan terhadap produk yang kamu miliki dan dengan sendirinya mereka akan hafal bagaimana rupa dari produkmu karena rasa loyalty dan trust yang mereka berikan.

Selanjutnya, ketika kamu berhasil membentuk brand yang kuat maka kamu bisa menyentuh sisi psikologis konsumen. Orang – orang akan berpikir matang  sebelum membeli suatu produk. Jika produk yang kamu miliki memiliki visual yang bagus dan meyakinkan maka konsumen tidak perlu merasa ragu lagi jika ingin melakukan suatu pembelian.

Nah masalahnya, banyak orang yang masih bingung bagaimana caranya sebuah  kemasan produk bisa menciptakan suatu brand yang kuat di pikiran orang. Di artikel kali ini, kita akan membahas beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membangun brand kemasan produk yang menarik. Simak tips – tipsnya dengan baik ya.

Buatlah Kemasan Yang Bisa Melindungi Produk

Salah satu tips yang bisa kamu coba adalah membuat kemasan yang aman bagi produkmu. Anggaplah produkmu itu sebagai sebuah barang yang antik sehingga perlu di lindungi agar tidak rusak. Nah, tentunya konsumen pun akan berpikir ulang untuk melakukan sebuah keputusan untuk rebuy jika pada saat melakukan pembelian pertama, produk yang ditemui sudah dalam keadaan rusak.

Inilah pentingnya membuat sebuah kemasan yang mengedepankan keamanan sebuah produk. Dengan jaminan produk yang aman dan dalam  keadaan bagus, konsumen pun akan berpikir ulang untuk melakukan pembelian kedua dan seterusnya karena kepuasan akan produk sudah di dapatkan.

Buatlah Mindset  Jika Kemasan Produk Merupakan Investasi Jangka Panjang

Orang – orang akan merasa tertarik dengan produkmu apabila produkmu terlihat unik, berbeda dengan yang lainnya, dan tentunya elelgan. Semua ini bisa didapatkan dari sebuah kemasan dan tentunya hal tersebut membutuhkan biaya. Bagi pelaku usaha yang sudah merasa enggan dengan kemasan yang menarik, pasti akan membiarkan produknya memakai kemasan yang apa adanya.

Namun jika kamu memikirkan untuk jangka panjang,  kamu harus menganggap jika kemasan adalah hal yang sangat penting layaknya sebuah investasi. Membuat kemasan yang baik mulai dari awal usaha akan membantumu dalam menciptakan brand awarness di pikiran konsumen, sehingga semakin lama produkmu semakin mudah di ingat.

Kamu juga tidak perlu merasa terlalu khawatir dengan masalah biaya ya. Kamu bisa mensiasatinya dengan mudah. Cukup mempersiapkan desain kemasan produk dengan unik serta jenis kemasan yang akan kamu gunakan harus pas dengan produkmu.

Pilihlah Kemasan Yang Ramah Lingkungan

Isu tentang lingkungan selalu menjadi topik yang tidak ada hentinya untuk di perbincangkan. Permasalahan lingkungan yang semakin bertambah justru membuat kesadaran publik tentang upaya pemeliharaan lingkungan semakin naik. Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan lhoh.

Semakin hari produk ramah lingkungan  memiliki daya tarik tersendiri. Kamu bisa mencoba untuk memakai kemasan produk yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan atau bahan yang bisa terurai. Faktanya saat ini banyak konsumen yang mau membayar lebih utnuk sebuah produk demi ikut menjaga kelestarian lingkungan.

Jika kamu bisa mengkombinasikan hal ini, produkmu akan semakin di kenal masyarakat sebagai produk yang ramah lingkungan dan aman di gunakan. Orang – orang akan berpikir bahwa kamu tidak hanya semata – mata mencari keuntungan saja namun juga ikut mendukung program ramah lingkungan. Hal ini akan membuat kredibiltas produkmu semakin bagus.

Buatlah Desain Kemasan Yang Unik Dan Berbeda

Seperti penjelasan yang sebelumnya, bahwa kemasan produk yang menarik akan membuat daya tarik suatu produk semakin meningkat sehingga brand awarness semakin meningkat pula. Untuk mensiasati hal ini, kamu bisa memulainya dengan membuat desain kemasan yang unik dan berbeda dengan yang lainnya.

Komponen – komponen yang kamu gunakan dalam membuat desain kemasan produk juga harus seimbang. Misalnya jenis huruf yang di gunakan, variasi warna, hingga gambar atau lambang dari produk tersebut harus saling mendukung. Tidak berlebihan namun tetap terkesan rapi dan enak di lihat.

Selain itu, kemasan  produkmu  harus simpel dan praktis. Jangan membuat desain kemasan yang terlalu rumit. Buatlah kemasan yang sederhana dan simpel namun tetap terlihat mencolok dan menonjolkan komponen desain yang telah di buat. Jika kamu bisa memadukan semuanya maka bisa di pastikan produkmu akan laku keras di pasaran.

Cobalah Membuat Kemasan Produk Dengan Edisi Terbatas

Salah satu strategi marketing yang mampu mendongkrak penjualan adalah membuat sesuatu dengan edisi terbatas atau limited edition. Strategi ini akan mendorong para konsumen untuk berbondong – bondong dalam melakukan pembelian suatu produk, terutama jika produk yang di buru memiliki tampilan yang menarik dan jumlahnya terbatas. Banyak orang yang akan merasa tertarik.

Ketika sudah mendapatkan produk dengan edisi terbatas tersebut, para konsumen pun akan berlomba – lomba untuk mempublish foto atau video ke media sosial. Hal ini tentu saja akan membantu branding produkmu, sehingga produkmu semakin di kenal dan  memiliki tampilan yang unik.

Itu tadi adalah beberapa tips tentang bagaimana cara membangun brand kemasan produk yang menarik. Kamu  harus selalu ingat, produk yang menarik akan selalu dl lirik konsumen untuk di beli. Jadi maksimalkan potensi kemasan produkmu untuk menjaring lebih banyak konsumen ya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *