Punya Ide Usaha? Cuma Bingung Memulainya? Ini Dia Tipsnya

“Aku ingin berbisnis ini, itu, tapi aku bingung bagaimana cara memulainya..”. Tentu kamu pernah merasakannya ya. Ketika kamu memiliki sebuah ide untuk membuka usaha namun bingung bagaimana cara untuk memulainya.

Apalagi ketika masih tergolong pemula, niat saja tidak cukup untuk merealisasikan bisnis. Ada begitu banyak hal yang perlu kamu siapkan untuk menjalankan bisnis, apalagi ketika memulai bisnis dari nol. Nah kira- kira hal apa saja yang harus kamu perhatikan dalam memulai bisnismu? Yuk simak tips – tips di bawah ini.

Tentukan Bisnis Yang Sesuai Passion Kamu

Salah satu hal terpenting untuk memulai suatu bisnis adalah passion yang kamu miliki.. Nah, untuk memulai sebuah bisnis sampai mengembangkannya, kamu harus memiliki kecintaan terlebih dahulu pada bisnis yang akan kamu jalani nantinya. Jika kamu tidak menyukai bisnismu sendiri, nantinya kamu sendiri yang akan merasa tertekan dalam menjalankan bisnis tersebut. Alih – alih bisnismu berkembang tapi kamu akan menjadi stress.

Buatlah Business Plan Dengan Baik

Untuk memulai sebuah bisnis, diperlukan perencanaan yang matang ya, mulai dari  konsep bisnis, sumber daya yang dibutuhkan, strategi bisnis yang akan kamu lakukan hingga pendanaan. Semua itu bisa kamu tuangkan dalam bentuk business plan.

Tujuan dari business plan ini sendiri adalah membuat rancangan rencana untuk bisnis dalam jangka waktu yang panjang. Business plan juga berfungsi untuk melihat bagaimana proyeksi bisnis ke depannya serta bisa menjadi sebuah proposal dalam mencari modal usaha.

Tentukan Target Pasar Dengan STP

Untuk menentukan target pasar, kamu bisa melakukan sebuah  riset sederhana. Metode yang bisa kamu gunakan yaitu STP (Segmenting, Targeting, and Positioning). Pertama, kamu harus bisa mengelompokkan pasar menjadi beberapa bagian, berdasarkan kategori. Misalnya jenis kelamin. Setelah itu, kamu bisa menentukan target utamanya. Misalnya laki-laki, yang berusia di atas 50 tahun. Langkah terakhir adalah kamu harus bisa menentukan positioning dari produk yang kamu tawarkan.

Jangan Lupa Menentukan Produk Yang Akan Di Tawarkan

Dalam memulai sebuah bisnis, kamu harus bisa menentukan apakah yang akan kamu tawarkan kepada calon konsumen, entah itu barang atau pun jasa. Dalam  menentukan produk, kamu harus membuat sebuah riset pasar. Apa yang menjadi permasalahan dalam lingkungan di sekitar tempat tinggalmu.

Untuk mengumpulkan data, kamu bisa melakukan wawancara dengan orang – orang yang kamu kenal atau pun membagikan kuisioner sederhana kepada keluarga, tetangga, dan teman. Setelah itu, kamu bisa mengelompokkan permasalahan tersebut untuk di cari solusinya. Nah, solusi atas permasalahan itulah yang bisa menjadi produk dari bisnis kamu.

Buat Suatu Brand Untuk Produk

Ketika kamu sudah menentukan produk yang akan kamu tawarkan atau di produksi, kamu harus segera menentukan brand produkmu. Mulai dari merk, logo, hingga desain produk. Brand yang kamu buat pun harus mampu mencerminkan dari produkmu itu.

Suatu brand akan memiliki pengaruh besar terhadap kelangsungan bisnismu. Kemudian, kamu harus mendaftarkan brand yang telah kamu buat ke lembaga resmi agar brand kamu bersifat paten dan tidak akan bisa di tiru oleh pihak lain.

Dapatkan Legalitas Bisnis  Dan Izin Usaha Resmi

Dalam membuat suatu usaha atau bisnis, legalitas merupakan hal yang sangat penting. Jika bisnismu sudah mendapatkan  izin resmi, maka konsumen pun akan merasa yakin jika ingin menggunakan produkmu. Misalnya ketika kamu hendak memasarkan sebuah makanan, konsumen akan lebih mantap jika produkmu sudah memiliki izin PIRT bahkan izin dari BPOM.

Memiliki Kemauan Untuk Terus Belajar

Memulai bisnis dari awal membutuhkan usaha yang kuat. Sebagai pelaku usaha, kamu harus menjadi seorang yang ahli di bidang tersebut. Oleh karena itu sangat penting untuk terus improve kemampuan dan pengetahuan kamu, apalagi teknologi informasi semakin berkembang.

Jangan sampai kamu ketinggalan dnegan tren, ilmu, atau pun sesuatu yang berkaitan dengan bisnismu. Nah untuk memperkaya ilmu kamu bisa mengikuti seminar bisnis, workshop, hingga kursus online maupun offline. Kamu juga bisa membaca kisah – kisah orang sukses yang sudah di bukukan.

Persiapkan Modal

Dalam memulai sebuah usaha, pasti kamu butuh modal. Modal yang di maksud di sini bukan hanya modal dalam bentuk uang ya, bisa juga berbentuk peralatan, bahan, hingga tenaga (pegawai). Biasnya kamu bisa menentukan modal apa saja yang kamu butuhkan ketika membuat business plan.

Dalam mempersiapkan modal bisnis, kamu harus memikirkannya dengan matang. Kamu harus bisa memperhitungkan modal awal, titik balik modal, hingga proyeksi untung dan ruginya. Oh iya, untuk modal dana, kamu bisa mendapatkannya dari pinjaman di bank atau menggunakan sistem joinan.

 

Pilih Sistem Pembukuan Dan Keuangan Bisnis

Ketika bisnismu sudah berjalan, pasti kamu akan memerlukan sebuah sistem keuangan untuk mengelola keuangan bisnis. Mulai dari perencanaan anggaran di awal tahun, membuat stock opname, menghitung penjualan harian, mengurus pajak, hingga membuat laporan keuangan bulanan atau tahunan.

Jika kamu hanya mengandalkan sistem manual saja, pasti kamu akan kesulitan. Lebih mudah jika kamu memiliki suatu sistem atau aplikasi keuangan yang sudah terintergrasi, sehingga pengelolaan data keuangan bisa berjalan dengan baik.

Tentukan Lokasi Bisnis

Dalam membuat suatu bisnis, tentu kamu harus memiliki alamat resminya. Jika kamu membuka usaha jasa,  kamu harus menyiapkan sebuah kantor resmi. Hal ini sangat penting untuk di lakukan karena di tempat itu segala kegiatan bisnis akan berlangsung.

Kamu bisa memilih lokasi bisnis sesuai bisnismu ya. Kamu bisa membeli sebuah ruko atau menyewanya sebagai langkah awal. Namun jika kamu masih kesulitan dalam pendanaan, kamu bisa menggunakan rumahmu sebagai kantor sementara dan pusat dari bisnismu.

Promosikan Bisnismu Kepada Semua Orang

Langkah terakhir yang  harus kamu  lakukan adalah mempromosikan bisnismu  kepada semua orang agar mereka tahu jika kamu memiliki bisnis di bidang tertentu. Dengan promosi ini, kamu juga bisa mulai untuk mencari calon klien atau calon konsumen.

Promosi ini bisa kamu lakukan dari mulut ke mulut, memposting di media sosial, hingga bergabung ke komunitas-komunitas. Akan lebih bagus jika bisnismu memiliki media  sosial dan website resmi ya, semua itu bertujuan untuk memudahkan kamu dalam melakukan promosi dan transaksi bisnis.

 

Bagaimana sekarang? Apakah kamu sudah siap untuk memulai bisnismu? Ingat ya, dalam memulai sebuah bisnis, kamu memerlukan sebuah komitmen yang kuat dan tidak takut untuk gagal. Karena sukses tidak bisa tercipta secara instan, butuh pengorbanan dan perjuangan yang berat. Selamat mencoba ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *